Selasa, 04 April 2017

Cara Membuat Jaringan Ad Hoc Serta Kelebihan Dan Kekurangannya


Untuk membuat suatu jaringan pada komputer atau laptop pada umumnya yang diperlukan adalah kabel jaringan.

Kabel yang dignakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain.

Apa itu Ad Hoc ?

Ad Hoc merupakan jaringan wireless sederhana dimana komunikasi terjadi diantara 2 perangkat atau lebih pada cakupan area tertentu tanpa harus memerlukan sebuah access point atau server.

Jaringan Ad Hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen. . Setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

Ad Hoc sebenarnya adalah fasilitas yang sudah disediakan oleh OS atau khususnya Windows, karena saya belum pernah menggunakan linux atau sistem operasi lainnya untuk membuat jaringan Ad Hoc, hehe.

Bukan berarti kita bisa membuat jaringan tanpa kabel dan tidak ada kekurangannya, Jaringan Ad Hoc ini juga memiliki kekurangan.

Kekurangan dari Ad Hoc diantaranya komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel. Selain itu, daerah jangkauan terbatas pada jarak antara komputer tersebut. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).

Selain kerurangan yang sudah disebutkan diatas jaringan Ad Hoc ini juga memeiliki keuntungan dan kerugian atau kekurangan yang lain.

Keuntungan Jaringan Ad Hoc



Keuntungan dari jaringan Ad Hoc yang pertama adalah “Tidak memerlukan dukungan backbone infrastruktur sehingga mudah diimplementasikan dan sangat berguna ketika infrastruktur tidak ada ataupun tidak berfungsi lagi”.

Keuntungan yang selanjutnya adalah “Mobile node yang selalu bergerak (mobility) dapat mengakses informasi secara real time ketika berhubungan dengan mobile node lain, sehingga pertukaran data dan pengambilan keputusan dapat segera dilaksanakan”.

Untuk keuntungan yang berikutnya adalah “Fleksibel terhadap suatu keperluan tertentu karena jaringan ini memang bersifat sementara”.

Keuntungan atau keunggulan jaringan Ad Hoc yang terakhir adalah “Dapat direkonfigurasi dalam beragam topologi baik untuk jumlah user kecil hingga banyak sesuai dengan aplikasi dan instalasi (scalability)”.

Kekurangan Jaringan Ad Hoc



Sudah dijelaskan diatas jaringan Ad Hoc tidak hanya memiliki keuntungan, tetapi jaringan Ad Hoc juga memiliki kekurangan.

Selain yang sudah disebutkan diatas kekurangan yang lain dari jaringan Ad Hoc adalah :

Kelemahan pada jaringan Ad Hoc, dapat terjadinya “Packet loss (rugi-rugi paket) akan terjadi bila transmisi mengalami kesalahan (error)”.



Kekurangan yang selanjutnya pada jaringan Ad Hoc adalah “Seringkali terjadi disconnection, karena tidak selalu berada dalam area cakupan”.



Untuk kekurangan yang berikutnya adalah “Bandwidth komunikasi yang terbatas”.

Dan itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pada jaringan Ad Hoc.

Jaringan Ad Hoc biasanya digunakan untuk sharing file atau bertukar data. Karena jaringan Ad Hoc tidak menggunakan kabel, jadi untuk bertukar data jadi lebih mudah dan tanpa menggunakan flashdisk.

Selain untuk bertukar data jaringan Ad Hoc juga digunakan untuk bermain game hehe..

Tentunya bagi yang senang bermain game tahu lebih enak kalau bermain game dengan teman sekitar dengan memanfaatkan jaringan Ad Hoc, jadi bermain game bersama juga pasti lebih seru.

Cara Membuat Ad Hoc



Cara  membuat koneksi hotspot dalam windows 7 tanpa menggunakan kabel (Ad Hoc).


  • Masuk ke Control Panel => Network and Internet => Network And Sharing Center
  • Pilih Set Up a new Connection or Network
  • Scrool Pada bagian paling bawah pilih Set Up a wireless ad hoc ( computer to computer ) network => Next
  • Masukkan Nama jaringan yang ingin dibuat dan passwordnya => Next
  • Tunggu sampai proses selesai dan jaringan Ad Hoc sudah dapat digunakan, kalau mau connect tinggal memasukkan password yang sudah dimasukkan tadi.


Itulah yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini. Sebenarnya masih ada kelebihan dan kekurangan jaringan Ad Hoc yang lainnya, tapi hanya itu yang dapat saya bagikan, Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon